Thursday 14 May 2015

Tutorial Membuat Efek Bayangan Di Photoshop


Kembali lagi nih ane, bawa oleh - oleh tutorial photoshop, hehe ..
Kali ini, sesuai dengan judulnya, ane mau ngasih tutor tentang gimana caranya membuat efek bayangan di photoshop. ini berlaku bukan hanya untuk text, tapi untuk format file yang lain. Tapi untuk kali ini, ane mau ngasih tau tutorial membuat efek bayangan untuk text pada photoshop ..

Langsung aja ya, daripada basa basi gak jelas, mending langsung cekidot ..

===================
Buka photoshop, kalo ane sekarang pake photoshop cs 6 32 bit.
Lalu setelah tampil interface seperti ini, klik file di pojok kiri atas, seperti gambar di bawah ini .. 

 Lalu pilih new, hingga tampil pop up seperti ini

 Keterangan :
Name            : isi nama file photoshop nya, terserah nama apa aja bisa.
Preset           : tipe ukuran kertas nya, pilih custom aja.
Width            : lebar kertas nya, kalo ane pake 1366 pixels, sesuai dengan lebar layar monitor ane.
Height           : tinggi kertas nya, kalo ane pake 768 pixels, menyesuaikan dengan tinggi monitor ane.
Resolution  : itu untuk mengatur seberapa detail nya nanti gambar yang sudah di buat, biasanya kalo 72 px, kalo kita perbesar jadi 300px, maka akan kotak kotak gambarnya.

Color mode                : di dalam color mode, ada pilihan : Bitmap, Grayscale, RGB Color, CMYK Color, Lab Color.
Bitmap : Belum ane coba, bisa di coba sama agan.
Grayscale : tampilan gambar menjadi warna gray semua .
RGB Color : Full color
CMYK : belum di coba, tapi keliatannya sama dengan RGB color
Lab Color : Belum ane coba.

Background Contents : Itu untuk warna dasar pada kertas, ada white, background color, dan transparents.
White : berarti background nya berwarna putih.
Background color : disesuaikan dengan warna yang di inginkan.
Transparents : Warna nya transparan.

Lalu setelah di isi semua, klik OK hingga tampil interface seperti ini :
 Nah sekarang, kita tulis text di kertas putih nya ..
 Klik simbol “ T “ untuk menulis sesuatu di kertas putih nya.
 Lalu agan juga bisa mengubah style text nya dengan meng-klik gambar seperti di bawah ini

 Setelah memilih style text yang di inginkan, maka tampilan text kurang lebih akan seperti ini

 Untuk mengatur ukuran, agan bisa mengklik gambar seperti di bawah ini, tapi sebelumnya agan blok dulu text nya menjadi seperti ini
 Lalu klik gambar seperti di bawah ini
 Angka 72 px, agan bisa ubah menjadi berapa saja sesuai dengan ukuran yang agan inginkan, kalo saya menjadi 150 px, maka tampilan text akan menjadi seperti ini

 Setelah itu, agan klik

 Lalu pilih layer, seperti gambar di bawah ini

 Layer > Layer style > Drop shadow, hingga tampil pop up seperti gambar di bawah ini

 Setting sesuai keinginan anda, menjadi seperti ini

 Untuk keterangan :
 Drop Shadow > Structure
Blend mode : tampilan text, jika multiply maka yang ada text akan menjadi transparan.
Opacity : Semakin besar angka nya, maka semakin terlihat text nya.
Angle : Sudut pandang bayangannya.
Distance : Jarak bayangannya.
Spread : Ketebalan bayangannya.
Size : Ukuran bayangannya.
Quality
Contour : Style drop shadow nya, klik aja tanda panah yang terbaik di samping box contour, sesuaikan saja.
Noise : Isi aja angka 50%, maka agan akan tau perbedaanya.
Itulah, tutorial membuat efek bayangan pada photoshop. Agan bisa mengembangkan nya lagi. Karena photoshop itu luas.

Terimakasih, bisa share juga ya. ^_^

No comments:

Post a Comment